Dukung Ketahanan Pangan, Kodim Lamongan Serahkan Bantuan Pompa Air

dliknews.com – Kodim 0812/Lamongan terus mengintensifkan komitmennya dalam meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Upaya tersebut semakin nyata dengan penyerahan bantuan pompa air kepada kelompok tani di wilayah tersebut. Penyerahan bantuan dilakukan di Lapangan Apel Makodim 0812/Lamongan pada Rabu, 12 Juni 2024.

Sebanyak 100 unit pompa air diserahkan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0812/Lamongan, Letkol Wira, kepada kelompok tani yang tersebar di wilayah teritorialnya. Bantuan ini diharapkan dapat membantu para petani mengoptimalkan lahan pertanian mereka, sehingga hasil pertanian bisa lebih produktif.

“Dengan adanya penyerahan pompa air ini, kami berharap lahan-lahan pertanian di Lamongan bisa lebih produktif dan memberikan hasil yang lebih baik,” ujar Letkol Wira dalam acara tersebut.

Selain bantuan pompa air, Letkol Wira juga menegaskan pentingnya peran Babinsa (Bintara Pembina Desa) dalam mendukung ketahanan pangan di Lamongan. Ia menyatakan bahwa para Babinsa harus aktif memberikan solusi dan pendampingan kepada para petani.

“Babinsa harus bisa bersinergi dengan semua petani dalam upaya pengoptimalan ketahanan pangan,” tegasnya. Menurutnya, kehadiran Babinsa di tengah-tengah petani bukan hanya untuk memberikan bantuan fisik, tetapi juga untuk memberikan pendampingan dan solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi petani.

Dalam kesempatan tersebut, Letkol Wira juga menekankan pentingnya sinergi antara Kodim, pemerintah daerah, dan para petani dalam menciptakan ketahanan pangan yang kuat. Ia mengajak semua pihak untuk bekerja sama dan saling mendukung demi kesejahteraan masyarakat Lamongan.

“Kami mengajak semua pihak untuk bersinergi, baik itu pemerintah daerah, kelompok tani, maupun elemen masyarakat lainnya, agar ketahanan pangan di Lamongan bisa semakin kuat,” katanya.

Bantuan pompa air ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pertanian di Lamongan. Dengan adanya pompa air, petani dapat mengairi lahan pertanian mereka dengan lebih efisien, terutama di musim kemarau. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan mengurangi risiko gagal panen akibat kekurangan air.

Seorang petani penerima bantuan, Budi, mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan yang diberikan. “Kami sangat berterima kasih atas bantuan pompa air ini. Dengan pompa air, kami bisa mengairi sawah kami dengan lebih mudah dan hasil panen diharapkan bisa lebih baik,” ujarnya.

Penyerahan bantuan pompa air ini merupakan bagian dari program berkelanjutan yang dicanangkan oleh Kodim 0812/Lamongan dalam mendukung ketahanan pangan. Letkol Wira menegaskan bahwa pihaknya akan terus mengawal dan mendampingi para petani untuk memastikan bantuan ini benar-benar memberikan manfaat yang optimal.

“Kami akan terus mengawal dan mendampingi para petani agar bantuan ini bisa memberikan manfaat yang maksimal. Program ini adalah bagian dari komitmen kami untuk mendukung ketahanan pangan di Lamongan,” kata Letkol Wira.

Dengan adanya bantuan pompa air dan peran aktif Babinsa, diharapkan ketahanan pangan di Kabupaten Lamongan dapat semakin kuat. Letkol Wira berharap agar petani dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

“Kami berharap para petani bisa memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya. Dengan kerja sama yang baik, kita bisa mewujudkan ketahanan pangan yang kuat di Lamongan,” pungkasnya.

Letkol Wira juga mengajak semua pihak untuk terus mendukung upaya peningkatan ketahanan pangan ini. Menurutnya, ketahanan pangan adalah tanggung jawab bersama yang memerlukan kerja sama dari semua elemen masyarakat.

“Saya mengajak semua pihak untuk terus mendukung upaya ini. Ketahanan pangan adalah tanggung jawab kita bersama, dan dengan kerja sama, kita bisa mencapai hasil yang maksimal,” ujarnya.

Kodim 0812/Lamongan menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan ketahanan pangan melalui berbagai upaya, termasuk penyerahan bantuan pompa air kepada para petani. Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan ketahanan pangan di Kabupaten Lamongan dapat semakin baik, sehingga kesejahteraan masyarakat juga meningkat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *